-->

23 October 2013

Insomnia, Bagaimana Mengatasinya??

Bismillahirrahmaanirrahim..
Aku adalah salah satu dari sekian banyak penderita Susah Tidur atau lebih dikenal dengan istilah Insomnia. Meskipun bukan di kelas yang parah tapi ini sudah amat sangat mengganggu. Apalagi kalau pas dapet sift pagi dan malemnya belom tidur, kerja itu jadi ga konsen, ga fokus, kepala rasanya pusing dan jadi cepat capek. Banyak si efek sampingnya, yang pernah kejadian di aku itu komponen salah pasang atau kebalik. Itu yang terparah.
Barusan aku coba cari di google gimana mengatasinya, ada banyak. 
Dan berikut aku bagi info nya buat teman-teman, yang aku "copy paste" dari blog nya agan ini http://impoint.blogspot.com/2013/09/cara-mengatasi-insomnia.html.
Semoga ada manfaatnya...


Penyebab Insomnia

Penyebab insomnia itu banyak sekali, bisa dari faktor luar ataupun dalam. Berikut ini akan dijelaskan dulu sedikit apa penyebab seseorang tertimpa penyakit insomnia.
  1. Insomnia dapat disebabkan oleh penggunaan obat-obatan.
  2. Insomnia dapat disebabkan oleh kelainan fisik dan emosional.
  3. Insomnia dapat disebabkan oleh kondisi jiwa.
  4. Insomnia dapat disebabkan oleh menahan rasa kantuk terlalu sering.
  5. Insomnia dapat disebabkan oleh kondisi lingkungan yang kurang nyaman.

Cara Alami Untuk Mengatasi Insomnia

Setelah membaca apa itu penyebab insomnia penjelasan berikutnya adalah mengenai cara untuk mengatasi insomnia, mau tau apa saja ?. Berikut ini rangkumannya, dan praktekan lah secara rutin.
  1. Jangan Mengonsumsi Kopi Pada Sore Hari
    Di dalam kafein pada kopi terdapat bahan atau zat yang dapat membuat kita menjadi tetap fresh dan segar, sehingga tidak bisa membuat kita tidur. Jadi, hindari konsumsi kopi pada sore hari agar anda terbebas dari masalah insomnia. Jika memang sedang lembur, maka Anda bisa mengkonsumsi kopi agar Anda tidak mudah ngantuk.
  2. Kurangi Waktu Istirahat (Tidur) di Siang Hari
    Tidur yang cukup memang membuat tubuh kita sehat, tetapi jika lebih dari cukup malah bisa membuat kita menjadi insomnia. Cobalah untuk tidur siang selama 2 jam saja maksimal, agar 6 jam berikutnya bisa dipergunakan untuk tidur dimalam hari.
  3. Baca Buku
    Cara yang satu ini dipercaya paling ampuh untuk mengatasi insomnia, alasannya karena otot-otot mata terus bekerja saat membaca buku dan setelah selesai pasti kita akan merasa lelah dengan sendirinya, kemudian otomatis kita akan berbaring dan tidur.
  4. Menghitung Secara Perlahan
    Seperti di kartun-kartun, salah satunya adalah film kartun "Shaun the Sheep". Pada film itu ada sebuah episode yang menceritakan tentang insomnia, seorang pemilik rumah tersebut terserang insomnia dan anjing peliharaannya tersebut memberikan gambar kumpulan domba yang sedang bermain di ladang. Lalu si pemilik rumah itu menghitung jumlahnya dan secara tidak sadar dia pun langsung terlelap.
  5. Olahraga Teratur
    Dalam sebuah penelitian telah merumuskan bahwa berolahraga secara teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur, masalah itu adalah insomnia. Cobalah untuk rutin olahraga kecil di pagi hari, dengan berolahraga berarti kesehatan Anda terjaga dan tubuh dapat melawan stress yang timbul saat ingin tidur.
  6. Hindari Makan dan Minum Menjelang Tidur
    Makan terlalu banyak sebelum tidur dapat menyebabkan perut menjadi tidak nyaman karena ibarat tangki itu baru saja diisi bensin. Begitu juga dengan minum, jika terlalu banyak minum maka akan menyebabkan seringnya ke kamar mandi untuk buang air kecil.
Sumber: http://impoint.blogspot.com/2013/09/cara-mengatasi-insomnia.html.


0 comments:

Post a Comment