-->

20 October 2013

Banyaknya Spam di ShoutBox dan Coment

Bismillahirrahmaanirrahim..
Aku kaget banget waktu nyoba ngecek komentar dan message-message yang ada di ShoutBox blog aku ini setelah lama vakum. ada kira-kira dua bulanan. Dan aku juga masih hijau dalam dunia tulis-menulis ataupun dama dunia blogger.
Apa yang bikin aku kaget? Nah yang paling bikin kaget itu bukan banyaknya komentar baru yang berarti banyaknya pengunjung blog ku ataupun ranking yang merosot. Kalau ranking merosot itu udah pasti lah, aku maklum banget. Namanya juga dianggurin, gimana ga merosot kan.. tapi bukan itu yang membuat keterkejutan itu, tapi banyaknya komentar spam yang masuk, banyak dari itu semua yang berisi iklan jasa, iklan product dari makanan sampai obat kuat pria dewasa.
Aku cek kebawah itu komen-komen yang masuk, dan yaa ampuuun ternyata banyak banget. Usut punya usut ternyata itu adalah ulah sistem blog yang memakai "robot". Pantesan pikirku. soalnya semua kalimatnya persis, titik dan komanya.
Gimana solusinya?

 
Aku coba ngakalinnya pake verifikasi code atau nama lainnya "Captcha". Jadi setiap ada komentar yang masuk harus melalui pengecekan kode kunci terlebih dahulu sebelum komentar tersebut di publikasikan. Tujuannya yaitu untuk memastikan bahwa si pengkomen itu adalah bener-bener manusia. Nah kalau sudah mengetikkan kode "Captcha" dengan benar maka komentar nya baru bisa di publikasikan..
Atau bisa juga dengan menggunakan moderasi komentar secara manual, maksudnya moderasi komentar yang pemublikasiannya harus seizin Author blog nya. Cara ini juga bisa untuk meminimalisir masuknya robot-robot tukang komen tadi itu.
Cukup deh kayanya curhatanku kali ini, terima kasih...


1 comment: