-->

13 April 2013

Menulis

Dunia tulis menulis belakangan ini mulai banyak digandrungi anak-anak di negeri ini, banyak penulis-penulis muda berbakat yang muncul ke permukaan dengan berbagai macam kreasi dan imajinasi serta pendapat dan bobot yang fantastik. Sungguh luar biasa bagi saya.
Dan sebelum mereka muncul dan dikenal kalangan luas biasanya sih mereka sudah aktif nulis di berbagai media, entah itu majalah sekolah, buletin mingguan, dikirim ke redaksi majalah, atau yang masih menjamur sekarang ini melalui blog. Ya itu tergantung dari merekanya, tapi yang akan aku bahas sekarang ini bukan tentang mereka-mereka yang sukses dengan karya-karya yang spektakuler, tapi mengenai tulis-menulis di blog.
Sebenarnya apa sih tujuan kita menulis, entah si media cetak atu[un online?? Pastinya ingin berbagi info yang mungkin orang lain belum tahu dan kita sudah tahu lebih dahulu, atau sebagai penuangan imajinasi dan pemikiran pemikiran atau ide-ide yang sulit dituangkan dalam kata-kata secara langsung, atau ada yang sebagai lahan belajar. Macam-macam. Dengan menulis kita dapat mengungkapkan berbagai hal, berbagai macam suasana perasaan kita, pendapat, masalah dan usulah yang tentunya bermanfaat.
Bicara tentang menulis di blog, saya kadang-kadang heran. Herannya begini, sebenernya apa si motivasi si admin bikin blog itu?? Ada yang menunya bagus dan ada yang menunya salinan semua.. Nah untuk yang menunya salinan dari karya orang lain ini yang perlu dipertanyakan. Kenapa harus copast sih? Informasi boleh dari banyak sumber, tapi sebisa mungkin kalimat yang ditulis dan bahasa penyampaiannya ya jangan di "plek"(persis) dengan yang sumbernya, dan jangan lupa mencantumkan sumbernya, karya orang lain harus kita hargai.
Sekedar pengalaman, pernah menulis artikel di blog ini dan saya lupa mencantumkan sumber info tersebut, wuh protes dari teman-teman blogger dateng. Alasannya ya itu, menghargai karya orang lain. Bener banget.
Bagiku, blog adalah lahan berbagi informasi dan lahan pelampiasan unek-unek yang ada di dalam otak yang tak terungkapkan dengan kata-kata secara lisan, jadi bagiku blog yang aku buat itu ya untuk bahan belajar berbagi informasi kepada orang lain, dan juga lahan aku belajar membuat sebuah karya tulis yang bermutu dan berbobot tinggi, 
Memandang ke depan aku kagum dengan karya-karya mereka:
  • Bastian Tito dengan Serial Cerita Silat Asli Nusantara "WIRO SABLENG"
  • JK Rowling dengan Harry Potter nya
  • Kang Abik dengan novel-novel pembangun jiwanya
  • Andre Hirata dengan Laskar Pelangi nya
  • dan yang masih sebaya dengan aku, Dwitasari dengan tread-treadnya yang mantap di blog nya..
  • dan masih banyak lagi..
**********************************************************************************


0 comments:

Post a Comment