-->

24 February 2013

Efektif kah Blogwalking???

Efektif kah Blogwalkin???,-- Halo teman-teman, rasanya sudah lama nih aku tidak bikin coretan di sini, heeh si baru dapet kesibukan baru, job yang nguras waktu. Eh jadi curhat deh.
O iya, aku ada pertanyaan nih, menurut kalian masih efektif ga sih cara meningkatkan pengunjung blog dengan melakukan Blogwalking ke blog-blog sahabat?

gbr. blog
 Secara, budaya blogwalking di kalangan kita yang hobi bermain blogger kan sudah menjadi tradisi dan rahasia umum, jalan-jalan atau istilah orang Jepangnya tu "gemba" ke blog lain yang lebih bermutu dengan beragam motif dan alasan, mencari informasi baru, membuka jendela wawasan pribadi, atau sekedar melihat-lihat dan yang lain masih banyak lagi, tapi yang paling banyak itu adalah numpang promosi secara tidak langsung, asal jangan nyepam aja... Hehehehe..
Ada banyak pendapat memang mengenai Blogwalking, apakah masih efektif atau tidak. Tapi sejauh pengalaman saya berkutat dengan blog, cara penarikan/pencarian/peramaian blog dengan Blogwalking masih cukup efektif, kebanyakan dengan pemasangan buku tamu sebagai sarananya, tapi kelemahan dari cara ini banyak pengunjung yang hanya sekedar lewat , sekedar mengisi buku tamu dan go on.. heheh diakui atau tidak memang itulah kenyataannya. Saya pun juga tidak bakal mangkir kalau dituduh demikan,..
Nah kalo sudah begitu baru nih saya mikir-mikir, berarti kebanyakan dari para pengunjung itu tidak menikmati apa yang telah kita sajikan di dalam blog kita itu, tidak membaca apa yang telah kita tulis, biar bagaimanapun juga pasti kan tujuan dari kita menulis artikel dan kita share di blog itu untuk dibaca orang lain, dalam hal ini pengunjung blog kita itu.
Usut punya usut, pikir punya pikir (kebanyakan mikir ya aku tu) di otak saya muncul pertanyaan lagi, sebenernya tujuan aku nulis itu kan agar tulisanku dibaca orang, nah kalo blogwalking kan belum tentu dia baca sama pengunjungnya, lalu bagaimana caranya agar pengunjung banyak tapi juga pembaca juga, berkunjung karena mau baca artikel kita??
Dan saya tarik satu kesimpulan, blogwalkin memang masih efektif meningkatkan pengunjung, tapi hanya pengunjung semu kalau kataku, jadi satu satunya cara ya kita harus menulis tulisan yang menarik, dan berbobot isinya, jangan sekedar asal nulis, dan kita juga jangan asal lewat kalau berkunjung, setidaknya membaca sedikit lah isi blog yang kita kunjungi dan kalau bisa tinggalkan komentar. Kalu sitem hukum karmanya, kita mau menhargai karya orang lain pasti karya kita juga akan dihargai oleh orang lain...
Banyak yang bisa nyatanya, kalau mereka bisa kenapa kita tidak? Ayo semangat menjadi blogger Indonesia yang bermutu...
Kiranya itu dulu sedikit opini dari saya, semoga bermanfaat ya...


8 comments:

  1. met malam gan datang berkunjung di blog sahabat :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat sore juga gan, makasih atas kunjungannya

      Delete
  2. Bing bing bing blogwalking :)

    Artikel nya bagus banget kang ,, nice post .. nambah lagi deh ilmu nya hhe .. makasih info nya :)
    maju terus buat blog ini :)

    salam kenal yahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupz oke kang, Duwe ilmu dibagi-bagi raketan mung sitik..
      Punya ilmu dibagi-bagi walaupun cuma punya sedikit ilmu

      makasih, salam kenal kembali

      Delete
  3. oke thanks gan.. ane jug lagi belajar ningkatin visitor blog..

    just blog walking..

    MASFIM.com

    ReplyDelete
  4. Makasih gan infonya memang lg cari cara nih buat ningkatin visitor

    ReplyDelete
  5. wh informasinya membantu ann yang masih baru hehe makasih gan

    http://100sahabat.blogspot.com/

    ReplyDelete